Begini Cara Cek Saldo BPJS Yang Benar Update Terbaru

dataBPJS.comSudah Bergabung BPJS Tidak Tahu Saldonya? Ikuti, Yuk, Cara Cek Saldo BPJS Yang Benar! Sebelum masuk pada pembahasan cara cek saldo BPJS, berikut adalah informasi umum mengenai BPJS. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan sebuah lembaga jaminan sosial yang ada di Indonesia dan terbagi menjadi 2, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Nah, bila masih bingung, Anda mungkin masih familiar dengan istilah ASKES. Nah, ASKES itu sekarang telah berubah menjadi BPJS Kesehatan. Sedangkan, lembaga yang dulunya bernama JAMSOSTEK sekarang telah berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisement

Setiap pekerja atau karyawan di Indonesia memiliki hak untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan ini. Sebab, tak dapat dielakkan lagi setiap pekerja pasti memikirkan hari tuanya kelak. Ditambah lagi tentunya setiap pekerjaan memiliki resiko tersendiri. Dengan adanya BPJS Ketenaga kerjaan ini tunjangan hari tua pekerja dan keselamatan kerja tidak perlu menjadi kekhawatiran yang mendalam.

Iuran BPJSTK ditanggung oleh perusahaan sebanyak 3,70%

Dimana ada hak ada pula kewajiban. Kewajibannya adalah membayar iuran perbulannya. Sistem ini bisa dibilang seperti Asuransi Nasional. Namun Anda tidak perlu cemas mengenai iurannya sebab iuran BPJSTK (BPJS Ketenagakerjaan) sebagiannya dibayar oleh perusahaan. Pembayaran iuran BPJSTK biasanya dibayarkan langsung oleh perusahaan dari potongan gaji yang diterima tiap bulan. Pembagian pembayarannya adalah 3,70% ditanggung oleh perusahaan dan 2% sisanya ditanggung oleh karyawan. Iuran tersebut akan menjadi investasi berupa saldo JHT.

Iuran yang dibayar perbulannya akan diatur oleh BPJS sebagai investasi Anda. Jadi, Anda perlu mengetahui saldo Anda. Dulu, saat BPJSTK masih bernama JAMSOSTEK mungkin Anda hanya menerima cetakan informasi saldo setahun sekali. Sekarang BPJS telah ada cara cek saldo BPJS bisa diakses dimanapun dan kapanpun Anda mau dan pastinya, permerintah serkarang lebih transparan.

Berikut Adalah Tata Cara Cek Saldo BPJS Dengan Berbagai Macam Media

Begini Cara Cek Saldo BPJS Yang Benar Update Terbaru Lengkap

Cara Cek Saldo BPJS via SMS

Cara ini sangat mudah dan praktis. Banyak orang lebih memilih cara ini untuk menghemat waktu dan tenaga. Berikut caranya:

  1. Tahap pertama adalah melakukan registrasi untuk mendapatkan ID dengan cara ketik : REG# NOMOR BPJSTK# TANGGAL LAHIR# NAMA IBU KANDUNG kirim ke 2757

Contoh : REG#123456789#121297#ENENG Kirim ke 2757

  1. Setelah melakukan registrasi via sms, Anda akan mendapat balasan dari service center BPJSTK berupa ID Anda.
  2. Ketika Anda telah menerima ID Anda, ketik : SALDO#IDAnda kirim ke 2757

Contoh : SALDO#12345 Kirim ke 2757

Contoh di atas hanya menggunakan nomor identitas yang fiktif sehingga Anda hanya perlu mengganti sesuai dengan data Anda. Sebab, data diatas hanya digunakan sebagai contoh cara cek saldo BPJS saja.

Cara Cek Saldo BPJS secara Offline

Cara ini disebut offline sebab kita harus mendatangi kantor BPJS untuk dicetakkan jumlah saldo yang kita miliki. Cara ini telah banyak ditinggalkan orang sebab mengambil waktu banyak untuk mengantri dan tidak efisien untuk sebagian orang.

Namun, dengan begitu Anda bisa sekaligus bertanya mengenai hal-hal yang belum dimengerti dari jaminan tersebut.

Cara Cek Saldo BPJS secara Online

  1. Buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Kemudian lakukan registrasi untuk mndapatkan PIN Log in dan PIN Aktivasi
  3. Masukkan data yang benar pada form pendaftaran, khususnya alamat email dan nomor handphone. Sebab nantinya pin Log in akan dikirim melalui email Anda dan pin Aktivasi akan dikirim melalui nomor handphone Anda.
  4. Setelah melakukan pendaftaran akun, beralihlah ke email Anda.
  5. Cek email Anda, tepatnya pada menu kotak masuk. Jika tidak Anda tidak menemukan pesan dari BPJS cobalah periksa folder spam pada email.
  6. Setelah mendapatkan PIN Log in, kembalilah ke laman BPJS tadi. (Cara cek saldo BPJS bagi yang belum memiliki akun yang terigistrasi)
  7. Masukkan PIN yang Anda dapat dari email ke bagian Log in.
  8. Masukkan user ID e-KTP Anda dan alamat email yang Anda gunakan registrasi tadi.
  9. Setelah itu, pilih menu Pelayanan.
  10. Setelah itu akan muncul pilihan cek saldo JHT, klik dan pilih Aktivasi setelahnya.
  11. Masukkan PIN Aktivasi yang Anda terima via sms, klik Enter
  12. Setelah berhasil melakukan aktivasi, pilih menu cek saldo JHT kemudian submit.
  13. Saldo Anda akan ditampilkan.

Cara cek saldo BPJS ini lebih panjang dari cara sebelumnya sebab dimulai dari registrasi terlebih dahulu. Jika Anda telah registrasi sebelumnya, silahkan saja memulai langsung dari cara nomor 7.

Cara Cek Saldo BPJS melalui BPJS Ketenagakerjaan Mobile

BPJS kini telah meluncurkan layanan terbarunya yaitu BPJS Kesehatan Mobile dan BPJS Ketenagakerjaan Mobile. Secara umum, aplikasi ini belum bisa dikatakan sempurna. Namun bisa dikatakan cukup membantu. Salah satu fitur aplikasi ini adalah mengecek saldo BPJS. selain itu, ada fitur yang menampilkan alamat kantor BPJSTK, ada juga kontak kantor BPJS yang dapat dihubungi, serta masih banyak lagi.

BPJS Mobile ini tersedia di Google Playstore bagi pengguna Android, AppStore bagi pengguna iPhone/iPad, dan Blackberry AppWorld bagi pengguna Blackberry.

Baca juga:

Itulah cara cek saldo BPJS yang telah diulas. Akses BPJS kini telah semakin mudah, maka dari itu jangan ragu mendaftar BPJS sekarang.

Tag: cek saldo jaminan pensiun bpjs, cek saldo bpjs pensiun, cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif, cara cek saldo jaminan pensiun online, cara cek saldo jaminan pensiun, cek saldo jaminan pensiun, via 2 bp blogspot com, cara cek saldo bpjs jaminan pensiun, cara cek saldo jaminan pensiun bpjs, cara cek saldo jaminan pensiun bpjs online