Cara Daftar BPJS Online Terbaru Lebih Mudah, Lho!

dataBPJS.com – Rutinitas pekerjaan semakin hari semakin terasa padat. Bahkan, ada beberapa hal yang harus diurus, namun selalu tertunda karena terhalang jam kerja. Salah satunya adalah pergi ke kantor BPJS untuk mendaftar. Tapi sekarang tidak perlu khawatir, BPJS sudah bisa didaftarkan secara online! Berikut adalah cara daftar BPJS online terbaru yang wajib Anda baca.

Advertisement

Prosedur dan Cara Daftar BPJS Online Terbaru

Cara daftar BPJS online terbaru sekarang lebih mudah dan efisien. Anda tidak perlu menyisihkan waktu Anda untuk pergi ke Kantor BPJS dan mengantri bersama banyak orang. Cukup menggunakan laptop atau smartphone serta koneksi internet, calon peserta sudah bisa melakukan regristrasi. Pertama-tama, calon peserta wajib menentukan BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenegakerjaan yang akan akan diregristrasi, sebab situsnya berbeda. Setelah itu, pastikan Anda memiliki beberapa berkas sebagai syarat pendaftarannya.

Prosedur dan Cara Daftar BPJS Online Terbaru

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Terbaru

Pertama, siapkan syarat pendaftaran BPJS Kesehatan terlebih dahulu seperti :

  • Kartu Keluarga atau KK
  • KTP yang tentunya masih berlaku
  • Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Nomor telepon atau HP dan alamat email yang dapat dihubungi.
  • Nomor rekening bank yang nantinya Anda pakai untuk membayar iurannya.

Alur pendaftaran yang wajib diikuti:

  1. Kunjungi situs bpjs-kesehatan.go.id
  2. Kemudian klik “Pendaftaran Online”.
  3. Jika Anda menggunakan smartphone, Anda bisa memasukkan link berikut daftar.bpjs-kesehatan.go.id
  4. Baca terlebih dahulu halaman yang menjelaskan syarat dan ketentuan pendaftaran dan peraturan BPJS Kesehatan agar Anda paham peraturannya.
  5. Jika Anda mendaftar melalui smartphone, centang kotak penyetujuan mengenai ketentuan tersebut dan klik “Pendaftaran” yang berada di bagian pojok kanan bawah.
  6. Setelah itu masukkan data Anda pada form pendaftaran yang tepat. Pastikan semua data yang Anda masukkan akurat.
  7. Setelah mendapat nomor peserta BPJS Kesehatan, Anda harus memulai membayar iuran paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari setelah menerima nomor peserta. Jika lebih dari 30 hari Anda belum membayar iuran pertama, Anda harus bersedia mengulang proses pendaftarannya dari awal.

Cara daftar BPJS Online untuk BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum melakukan pendaftaran online, pastikan anda memiliki beberapa berkas yang harus dilengkapi.

Syarat peserta BPJS Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja, yaitu :

  • Berkas perusahaan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), NPWP Perusahaan, Akta Perdagangan Perusahaan.
  • Berkas individu seperti KK, KTP dan Foto.

Sedangkan syarat peserta BPJS Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, hanya membutuhkan berkas individu seperti surat izin usaha dari RT atau RW atau Kelurahan setempat, KTP, KK, dan Foto.

Cara daftar BPJS Online terbaru terbaru untuk BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan link resmi BPJS Ketenagakerjaan bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Setelah halaman utama BPJS muncul, klik menu “Daftarkan Perusahaan Anda di sini”.
  3. Kemudian masukkan email perusahaan Anda.
  4. Jika Anda mendaftar sebagai peserta BPJS Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, masukkan email perwakilan wadah kelompok Anda.
  5. Kemudian ikuti langkahnya sesuai prosedur yang di tampilkan.
  6. Anda akan diminta untuk membuka email dan melakukan check notifikasi dari BPJS.
  7. Kemudian, Anda dapat mengambil kartu Anda di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda.

Begitulah ulasan cara daftar BPJS Online terbaru yang terbilang mudah. jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas-malasan mendaftar karena BPJS telah menfasilitasi banyak cara untuk memudahkan Anda mengurus kartu BPJS Anda.

Baca juga:

UNDUH APLIKASI BPJS Android/iOS

Setelah mengikuti cara daftar BPJS online terbaru di atas Anda juga dapat mengunduh aplikasi resmi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan melaului Google Playstore untuk pengguna Android atau AppStore untuk pengguna iPhone/iPad. Aplikasi tersebut memang belum sempurna dan BPJS pun masih mengoptimalkan fungsi aplikasi tersebut. Namun begitu, aplikasi BPJS telah memiliki beberapa fitur yang sangat membantu seperti BPJS Map yang akan menunjukkan Fasilitas Kesehatan terdekat dari lokasi Anda. Ada juga fitur profil, iuran, dan masih banyak lagi.

Tag: daftar obat wajib puskesmas, aplikasi bpjs error, daftar online rs william booth surabaya, pendaftaran online rs william booth, edabu bpjs kesehatan online, optik yang bekerjasama dengan bpjs di bekasi, cara daftar online william booth, cara daftar online rs william booth, cara daftar bpjstku, daftar online RS William Booth